Manfaat Terbaik Minum Kopi bagi Kesehatan

Minum kopi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari hampir sebagian besar orang di Indonesia. Selain membuat rileks, ternyata kebiasaan minum kopi juga bermanfaat untuk kesehatan. Mungkin hampir semua orang mengetahui bila minum kopi dapat membuat Anda tetap melek. Tapi, sebenarnya manfaat minum kopi lebih dari itu. 
 
Berikut tujuh manfaat terbaik minum kopi bagi kesehatan yang dilansir dari Harpersbazaar: 

Melindungi Anda dari diabetes tipe 2 
Sebuah studi dari Harvard menemukan, peningkatan konsumsi kopi menurunkan risiko diabetes tipe 2 sampai 11 persen. Tapi, sebaiknya minum kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir sehari agar tetap sehat secara keseluruhan. 

Meningkatkan metabolisme 
Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa kafein meningkatkan metabolisme 3-10 persen. Bahkan, banyak studi telah mengklaiim bila kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak higga 29 persen. Minum minuman berkafein sebelum berolahraga juga akan meningkatkan kinerja dengan membangkitkan adrenalin dalam darah. 

Melindungi jantung 
Meskipun beberapa studi masih bertentangan dengan ini, analisis Harvard dari 36 studi menemukan, kopi sebenarnya bisa melindungi Anda terhadap penyakit kardiovaskular. Anda dapat memperoleh manfaatnya dengan meminumnya tak lebih dari 3 cangkir. 

Mengurangi risiko terkena kanker 
Minum kopi melindungi Anda dari beberapa jenis kanker. Sebut saja, kanker payudara, kulit, prostat, dan kanker otak. 

Mencegah penyakit Parkinson 
Beberapa penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan, hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan risiko mengembangkan penyakit Parkinson. Studi paling terkenal di tahun 2001, menunjukkan bahwa minum 4-5 cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko Parkinson hingga hampir 50 persen. 

Melindungi Anda dari depresi 
Sebuah studi tahun 2011 menemukan, minum kopi 2-4 cangkir sehari dapat menurunkan risiko mengalami depresi pada perempuan. Sedangkan, sebuah studi dua tahun kemudian menemukan, orang yang minum 2-4 cangkir kopi memiliki risiko 50 persen lebih rendah melakukan bunuh diri. 

Kopi membuat Anda lebih pintar 
Ini bukan imajinasi, Anda benar-benar memiliki pemikiran yang tajam setelah minum secangkir kopi di pagi hari. Setelah kafein diserap ke dalam aliran darah, maka akan memicu pelepasan neurotransmitter seperti dopamin, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatkan neuron. Kondisi ini meningkatkan mood, energi, reaksi dan fungsi otak secara umum.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts