Tips Memilih Kacamata untuk Liburan


Saat liburan, kacamata menjadi satu hal yang tak boleh terlupakan. Selain untuk menambah nilai keindahan, tentu kacamata berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Untuk Anda yang bingung memilih kacamata, berikut tips untuk memilih kacamata untuk liburan dari Sales Promotion Optik Melawai, Rindu Ajeng Susanti kepada KompasTravel.

Pilih UV Protection
Sinar ultra violet dari matahari akan merusak mata jika terpapar ke mata. Pilihlah kacamata yang berlabel UV 400 atau 100 persen UV Protection.

Tanda tersebut biasanya tertera di bagian pojok atas lensa. Lensa dengan UV Protection akan memastikan mata Anda terhalang dari sinar ultra violet.

Jenis lensa
Rindu mengatakan, terdapat dua jenis lensa kacamata yang biasa digunakan. Pertama, lensa UV Protection dan kedua lensa polarized.

Lensa UV Protection adalah lensa kacamata yang bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet. Namun, jika digunakan untuk liburan, menurut Rindu, warna yang terlihat dari kacamata tersebut akan sedikit terdistorsi.

Sementara, lensa polarized adalah lensa yang berguna untuk mengurangi silau akibat pantulan cahaya dari beberapa obyek seperti air, jalan, dan obyek-obyek datar lainnya. Lensa polarized sudah memiliki fitur UV Protection.

Tujuan liburan
Jika pergi liburan ke pantai, gunung atau yang berada di luar ruangan, Rindu menyarankan untuk menggunakan kacamata dengan lensa polarized. Pasalnya, lensa polarized tak mengubah warna obyek yang terlihat melalui kacamata.

Sementara, jika banyak bergiat di dalam ruangan seperti mal, lensa yang digunakan cukup dengan jenis UV Protection.

Bentuk wajah
Bentuk wajah tentu akan mempengaruhi pemilihan bentuk lensa. Jika Anda memiliki bentuk wajah kotak, bulat, atau lonjong, ada tips tersendiri yang bisa dilakukan.

Rindu menjelaskan, wajah berbentuk lonjong dapat memakai segala jenis bentuk. Sementara jika memiliki wajah yang bulat, ia menyebutkan untuk menghindari pemakaian bentuk lensa yang bulat dan gunakan bentuk kotak.

Sementara, jika memiliki bentuk wajah yang kotak, Anda bisa memilih bentuk lensa bulat seperti cat eyes (mata kucing) atau aviator.

Jenis bahan kacamata
Bahan kacamata bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli. Ada beberapa material atau bahan seperti kaca, CR-39, dan polycarbonate.

Bahan kaca cenderung antigores tapi biasanya akan membuat wajah tak nyaman karena berat dan juga rawan pecah jika terjatuh. Untuk bahan CR-39 adalah lensa yang terbuat dari polimer plastik.

Jenis lain adalah polycarbonate yang merupakan lensa plastik yang tipis dan ringan dibandingkan semua jenis lensa lainnya. Polycarbonate cocok untuk digunakan liburan ke obyek-obyek wisata seperti gunung.

Kondisi mata
Saat akan membeli kacamata, perhatikan kondisi mata. Lihatlah kemampuan mata Anda apakah kemampuan mata yang telah menurun seperti rabun jauh, dekat, atau tua. Hal itu akan berpengaruh terhadap pemilihan lensa kacamata Anda

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts