Sejarah Asal Usul Celana Jeans

Jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560an. Jeans biasa dipakai oleh angkatan laut, celana yang biasa disebut orang perancis dengan "bleu de genes" yang berarti biru genoa ini, meski pertama kali di produksi dan dipakai di eropa, jeans di AS dipopulerkan oleh Levi Strauss (pria yang mencoba nasib baik ke san fransisco sebagai pedagang pakaian) ketika itu AS sedang dilanda demam emas.

Akan tetapi, sampai di california semua barang dagangannya habis terjual, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kanvas. kain ini dipotongnya dan dibuatnya menjadi beberapa celana dan dijual kepada para pekerja tambang emas. Ternyata mereka menyukainya karena tahan lama dan tidak mudah koyak. Kemudian Strauss menyempurnakan jeansnya dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut "Genes", yang oleh Strauss di rubah menjadi "Blue Jeans".

Akhirnya karena para penambang sangat menyukai jeans buatanya ini, mereka menobatkan celana ini sebagai celana resmi mereka. Prara penambang emas itu menyebut celana Strauss dengan sebutan "those pant of levi's" atau "celana si levi". Sebutan inilah yang mengawali merek dagang pertama celana jeans pertama di dunia.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts