Pelajaran Berharga tentang Cinta

Manisnya cinta lebih terasa setelah seseorang dikecewakan oleh pasangannya atau mengalami kegagalan dalam menjalin hubungan khusus dengan pujaan hatinya.
Semoga delapan pelajaran berharga tentang cinta ini bermanfaat bagi pasangan yang tidak ingin rumah tangganya berakhir di pengadilan.

1. Kenali apa tujuan hidup anda berdua.
Apa yang menjadi tujuan paling penting hidup Anda?  Kesuksesan, uang, keluarga, karir, kehidupan rohani? Dengan saling mengenali tujuan hidup pasangan setidaknya sejak awal Anda sudah tahu apa yang ia inginkan. Dengan demikian keduanya bisa saling mengerti, dan mendukung.

2. Masalah untuk diselesaikan bukan untuk dihindari.
Banyak pasangan yang bercerai karena masalah sepele. Masalahnya adalah masalah tersebut tidak pernah diungkapkan, sehingga menjadi bom waktu. Konflik rumah tangga tidak bisa dihindari, namun jika dihadapi bersama justru akan mempererat hubungan pasangan. Bertengkar dengan pasangan menandakan ada sesuatu yang penting untuk dibicarakan bukan untuk dihindari.

3. Memaafkan adalah obat segalanya.
Dalam pertengkaran terkadang Anda berada dipihak yang benar atau salah. Jika salah segeralah minta maaf, jika benar jangan merasa unggul. Memaafkan pasangan secara tulus dapat menjauhkan Anda dari luka batin yang tidak ada obatnya.

4. Lupakan masa lalu.
Setiap orang punya masa lalu masing-masing. Sayangnya jika masa lalu itu membuat Anda terluka, biasanya sulit dilupakan. Mulai sekarang lupakanlah masa lalu yang pahit itu, karena hanya membebani hidup Anda. Fokuslah pada masa depan keluarga Anda bersama-sama.

5. Cemburu boleh, asal?
Menurut hasil penelitian Orbuch, cemburu merupakan racun mematikan dalam hubungan rumah tangga. Cemburu itu memang ada baiknya, yang berarti Anda masih sayang dan ingin disayangi. Namun cemburu berlebihan dan tanpa alasan hanya akan merusak hubungan Anda dan pasangan.

6. Mengelola masalah keuangan
Hampir setengah dari pasangan yang bercerai disebabkan oleh masalah finansial. Jadi bicarakanlah dengan kepala dingin soal masalah yang sensitif ini. Setiap masalah pasti ada solusinya, dan yang paling penting setiap keputusan untuk menyelesaikan masalah harus dijalani bersama.

7. Bersikap terbuka
Pasangan yang telah bercerai, ketika masih berumah tangga mereka berharap punya hubungan komunikasi yang lebih terbuka dan lancar. Dan mereka pun menyesal mengapa dulu tidak menanyakan atau menyampaikan hal ini itu pada pasangannya.

8. Gelorakan api asmara
Tak sedikit pasangan yang mengeluhkan pasangannya sekarang seperti manusia es, dingin, dan kurang perhatian. Daripada saling menyalahkan, ada baiknya Anda mengambil tindakan untuk menggelorakan api asmara seperti saat Anda jatuh cinta dulu. Berlibur berdua, memberikan hadiah-hadiah kejutan, nonton midnite, atau mengunjungi tempat-tempat Anda pacaran dulu. Hal-hal sederhana yang bisa mencairkan kebekuan pasangan Anda.

Semoga Bermanfaat ^_^