Kebahagiaan Pernikahan, Andil Istri Lebih Besar

Pertengkaran hebat pastinya pernah dialami oleh semua pasangan suami istri. Pemicunya pun bisa banyak hal. Tapi bukan berarti tak ada kebahagiaan di dalamnya.

Bicara soal kebahagiaan pernikahan, ada jangka pendek dan jangka panjang. Dan menurut penelitian, istri lebih berandil besar menentukan rasa bahagia jangka panjang dalam ikatan pernikahan.

Hal ini terkait kemampuan istri untuk kembali tenang dan berusaha mencari kestabilan setelah melakukan pertengkaran hebat. Reaksi istri setelah bertengkar ternyata lebih berpengaruh pada kebahagiaan pernikahan dibandingkan reaksi suami.

Dalam hal pengelolaan emosi dalam konflik, kondisi istri sangat-sangat berpengaruh. Penelitian kami menunjukkan bahwa jika pasangan, terutama istri, mampu menenangkan diri, perkawinan mereka dapat terus berkembang jadi lebih baik.

Ketika istri tenang dengan cepat, pasangan cenderung lebih bahagia baik secara jangka panjang dan pendek. Ketenangan pada suami ternyata tidak memiliki efek yang sama.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts